Padang, Padek—Ratusan tim da­yung dari berbagai klub yang ada di Sumbar ikut ambil bagian pada Turnamen Selaju Sampan Tra­disional II di Tempat Pele­langan… Read more

Tim Dayung Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) kembali merajai lomba perahu karet dengan menyabet juara 1 dan 3 dalam lomba kebut dayung dan perahu karet… Read more

Atlet dayung Indonesia yang sedang menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) menghadapi Sea Games XXVII 2013 Myanmar menjadwalkan pertandingan uji coba… Read more

Rowing Siapkan 46 Atlet untuk SEA Games 2021

Senin, 28 Des 2020 18:20 WIB

Timnas dayung sudah menjaring 46 atlet untuk SEA Games 2021.

Jakarta - Pelatih Timnas dayung, Muhammad Hadris, mengungkap sudah menjaring 46 atlet untuk SEA Games 2021. Pelatnas rencana dimulai awal Februari.

Jumlah itu ia peroleh setelah melakukan seleksi nasional yang berlangsung 1 hingga 14 Desember lalu. Hasilnya, ada 22 atlet putri dan 24 atlet putra cabang disiplin rowing yang lolos.

"Setelah kami gelar Seleknas mereka kami pulangkan dulu ke daerahnya masing-masing. Setelah itu, kami akan panggil kembali dengan surat pemanggilan dari Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) tahun depan," kata Hadris kepada detikSport, Senin (28/12/2020).

 
 
 

Menurut Hadris, PODSI rencananya akan menggelar Pelatnas untuk SEA Games 2021 Hanoi pada awal Februari mendatang. "Sebenarnya kami inginnya pertengahan Januari tapi sepertinya agak sulit jadi kemungkinan awal Februari," ujarnya.

Ia mengatakan tak ingin kejadian waktu Pelatnas SEA Games 2019 Manila terulang. Saat itu, uang saku atlet pelatnas Timnas dayung hanya terbayar tujuh bulan. Sementara 5 bulan sisanya tidak terakomodasi sama sekali.

"Jadi kami pastikan dulu penganggarannya dari Kemenpora, apakah bisa Februari sampai Desember atau bagaimana," dia menjelaskan.

Di sisi lain, pengurangan atlet dari jumlah yang diajukan pada proposal awal juga bisa terjadi. "Yang jelas pada proposal timnas SEA Games nanti jumlah atletnya ada 46. Mudah-mudahan penganggaran tahun depan disetujui Kemenpora," Hadris menambahkan.

"Kami minta jumlah itu juga karena melihat SEA Games Vietnam akan mempertandingkan 16 nomor event khusus cabang rowing. Dengan komposisi itu setiap atlet setiap nomor."

Sebagai gambaran, SEA Games 2019, timnas dayung Indonesia menyumbang tiga medali emas dan dua medali perak. Pundi-pundi emas itu dipersembahkan Mahendra Yanto dan Ihram dari nomor lightweiught double sculls men, Denri Maulidzar al Ghiffari dan Ferdiansyah di nomor pairs men, serta pairs women atas nama Julianti dan Yayah Rokayah.

 
 

 

Gallery Video