.

Stand Up Paddle

Stand Up Paddle (SUP) yaitu aktifitas mendayung pada platform mengambang berupa papan dengan bantuan dayung. Popularitasnya berasal dari Hawaii pada tahun 1900-an.

Catatan bentuk awal SUP telah ditemukan sejak 3.000 SM. dan iterasinya menjangkau berbagai wilayah seperti Peru, Levant, Italia, dan Cina.

Stand Up Paddle Boarding modern dimulai pada tahun 1940-an di Waikiki. John Ah Choy adalah seorang Hawaii lokal yang berselancar, tetapi seiring bertambahnya usia dan tidak dapat naik turun dari papannya, dia berdiri di atas papannya sejak istirahat dan mendayung dengan dayung kano untuk menangkap ombak.

 

Anak laki-lakinya, Leroy dan Bobby Ah Choy, dan teman mereka, Duke Kahanamoku, mulai meniru ini saat mereka mengajar selancar kepada turis yang berkunjung.

 

Mereka melakukan ini sebagai cara untuk mengawasi siswa selancar sambil juga memantau ombak yang masuk. Mereka juga memanfaatkan sudut pandang berada di atas air untuk mengambil gambar (Photographi). Sebagai gaya menjadi populer dengan peselancar lain.

Steve West mempopulerkan kano cadik yang dikombinasikan dengan selancar sebagai dasar dari SUP, ketrampilan ini sudah ada pada 1990-an Laird Hamilton mendefinisi ulang dan memodernisasikan stand up paddleboarding sebagai olahraga. Pada tahun 2004, selancar SUP (SUP SURF) ditambahkan sebagai kategori dalam Kontes Buffalo Big Board.

 

Stand up paddle boarding telah melakukan diversifikasi dari variasi selancar menjadi balap, tur, yoga, jelajah sungai, dan memancing. Warisan selancarnya ditambah dengan berbagai disiplin ilmu membuat olahraga ini menarik dan dapat diakses oleh semua orang, terlepas dari kemampuannya.

 

Majalah pertama yang dikhususkan untuk olahraga, Stand up Journal, didirikan pada Juni 2007.

 

Pada Tahun 2015 Stand Up Paddle mulai di populerkan di Indonesia menjadi sebuah aktifitas wisata alam melalui komunitas yang dibentuk oleh Heriyanto Bersama beberapa rekannya

dengan nama Stand Up Paddle Indonesia (SUP.ID).

Berlatar belakang Indonesia sebagai Negara Kepulauan terbesar di Dunia dan Negara dengan garis Pantai terpanjang kedua di Dunia, komunitas ini terus melakukan berbagai aktifitas terkait Stand Up Paddle dengan tagline “Memajukan Pariwisata Melalui Olahraga”

Perkumpulan “Stand Up Paddle Indonesia (SUP.ID)” selama ini menjadi sebuah organisasi yang membuat beberapa kejuaraan, aktifitas social, promosi destinasi dan sebagainya bersama dengan berbagai Klub Stand Up Paddle yang terus berkembang di Indonesia.

Tahun 2022, Stand Up Paddle sebagai salah satu Olahraga Prestasi di Indonesia ini menjadi bagian dari PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) dan berkomitmen untuk berkontribusi prestasi pada Olahraga Dayung Indonesia di Kancah Internasional.

© Copyright PODSI 2022

Tentang podsi

PODSI adalah satu-satunya organisasi olahraga dayung prestasi nasional yang berwenang dan bertanggung jawab mengelola, membina, mengembangkan dan mengkoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan kegiatan olahraga dayung prestasi di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

021-6451773

podsidayung@gmail.com

Gd Lantamal III Lt. 4, Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol